Sabtu, 03 Agustus 2013

Iri(tasi)

Beberapa waktu yang lalu, Dea ngobrol-ngobrol sama seorang temen. Hari itu dia lagi banyak banget cerita yang negatif tentang orang lain. Dea ngedengerin aja, tapi di kepala Dea ngelintas pikiran, Sebenernya kayaknya nggak ada yang salah, deh, sama orang-orang yang dia ceritain …

Lama-lama Dea sadar kalo temen Dea mungkin lagi iri aja. Dea nggak bilang ke dia saat itu juga, karena dalem kondisi kayak gitu seseorang kadang-kadang jadi defensif. Dea diem ngedengerin. Dea nggak banyak komentar, tapi tetep berusaha mahamin perasaannya. Gimanapun kan dia temen Dea dan Dea sayang sama dia.

Iri adalah perasaan yang nggak enak. Dea bisa bilang begini karena dalem idup, Dea juga pernah ngerasa iri. Saat itu kita tau seseorang punya sesuatu yang kita nggak punya. Sesuatu yang mungkin kita pengenin. Sesuatu yang nggak mungkin kita rebut karena memang nggak bisa atau nurani kita tau ngerebut bukan sesuatu yang baik.

Akhirnya kita berusaha nemuin cara untuk ngatasin keirian itu. “Nyari-nyari kejelekan” adalah metode yang cukup sering dipake orang. Kita pikir dengan begitu apa yang kita iriin jadi keliatan nggak cukup bagus untuk kita pengenin. Kita pikir juga dengan begitu kita jadi ngerasa idup kita lebih baik. Padahal apa yang kita lakuin justru frustratif, seperti berusaha naik tapi pake escalator yang arahnya turun.

Jadi apa yang musti kita lakuin kalau kita ngerasa iri?

“Gue nggak punya ini itu kayak Si X. Idup gue juga nggak segampang dia. Tapi gue, sih, nggak apa-apa, gue nggak iri,” kata temen Dea. Percik api di nada suaranya nggak bisa disembunyiin.

Ngakuin kalo kita ngerasa iri bukan sesuatu gampang. Butuh kerendahan dan kebesaran hati untuk ngelakuinnya. Padahal kalau dipikir-pikir, ngakuin itu justru jauh lebih ringan daripada sibuk ngelawan rasa iri itu dengan segala bentuk penyangkalan. Kalau kita nggak sanggup ngakuin ke orang lain, seenggaknya akuin ke diri sendiri aja dulu. 

Beberapa orang yang punya karakter fighter ngegunain rasa iri sebagai pemicu semangat mereka. Kadang-kadang iri justru jadi bahan bakar yang ngegerakin ambisi mereka, ngedorong mereka untuk lebih hebat daripada yang diiriin. Sayangnya cara ini rada kurang efektif buat Dea yang nggak suka suasana kompetitif.  Tapi Dea punya tips sendiri untuk ngatasin rasa iri.

“Hmmm. Belakangan gue belajar sesuatu,” kata Dea ke temen Dea.
“Apa?” tanya temen Dea.
“Kadang ikut bahagia sama apa yang orang lain punya itu lebih gampang daripada ngebandingin apa yang dia punya dengan apa yang kita punya …”
“…”
“Lu percaya nggak? Itu bikin kita jadi punya lebih banyak. Apa yang kita punya kan tetep punya kita. Tapi apa yang dipunyain orang lain jadi punya kita juga, seenggaknya kebahagiaannya.”

Temen Dea diem aja. Dea juga nggak tanya-tanya lagi. Dea nggak tau dia tipe yang mana, yang kompetitif atau yang kayak Dea.

Kata orang, “sirik tanda tak mampu”. Dea setuju. Tapi buat Dea, kita nggak harus mampu ngelakuin segala hal, kok. Kadang-kadang kita perlu ngakuin ketidakmampuan kita supaya fokus ngelakuin apa yang kita mampu dengan gembira dan penuh cinta.

Dea pernah iri, pernah ngadepin orang yang ngerasa iri, sekaligus pernah juga diiriin sama orang lain. Semua perasaan itu adalah kekayaan yang bikin kita nggak perlu nge-judge siapapun, justru belajar ngertiin sertiap orang dengan situasinya.

Anyway, selalu ada kata “iri” pada iritasi.  Seringkali iritasi rasanya gatel dan bikin kita pengen garuk-garuk sampe luka. Nahan diri untuk nggak garuk-garuk memang nggak gampang. Tapi sadar akibatnya bikin kita tau kalo sebaiknya kita garuk-garuk secukupnya aja.

Baiklah. Dea bakal nutup tulisan ini dengan sebuah teka-teki.

Garuk, garuk apa yang justru inspiratif?
Garuki Murakami.

Salamatahari, semogaselaluhangat dan cerah =D



1 komentar:

  1. Setuju banget! Makanya kalo iri(tasi) cepatan kasih salep atau bawa ke dokter jika tak kunjung sembuh juga. :D

    BalasHapus