Senin, 07 Agustus 2017

Mengirim Cahaya


                                                      Bandung, 7 Agustus 2017



"Ada satu saat di mana kita harus berjalan sendirian. Bukan karena gak ada teman, tapi karena hanya kita yang bener-bener tahu arah mana yang kita inginkan."
 -Em-





Dear Em,


hari ini persis setaun setelah elu nggak ada. Di satu sisi, kayaknya setaun  cepet banget. Tapi di sisi lain sebaliknya. Setaun ini gue ngerasa jadi tuaaaa banget karena harus belajar deal sama banyak hal sendirian ... yatapi gue emang udah tua juga sih :p

Pas lagi googling-googling, gue nemu surat lu yang ini. Meskipun isunya udah basi, esensinya enggak. Gue jadi inget pola persahabatan kita dari dulu ya begitu itu. Kalau lagi bareng, bareeeeng ... terus. Tapi nanti bakal ada satu masa kita ngejalanin idup sendiri-sendiri. Gue nggak pernah khawatir kalau lu "ilang" karena gue percaya suatu saat lo bakal bakal muncul lagi. Gue selalu seneng ketika lo dateng, apapun kondisi lo. Kadang lo kinclong bawa wisdom, kadang lu burek minta dibrasso, tapi ujung-ujungnya kita selalu nyanyi-nyanyi bersama dan nemu aja sontrek-sontrek yang pas buat idup kita. 

Taun lalu elu ilang dan jarang ngehubungin. Gue lebih dari percaya kalo elu bakal balik kayak biasanya. Taunya enggak. Sekali itu lo BETUL-BETUL ILANG. For good. Nggak akan balik-balik lagi. Gue shock banget sampe gue sempet nggak tau harusnya gue ngerasain apa. 

Sepanjang taun ini gue jadinya belajar nyanyi sendiri, Em. Rasanya sepiiii banget. Apa lagi kalau nggak sengaja gue denger soundtrack-soundtrack kita dan inget gimana kita ngelewatin moment-momentnya. In the end gue cuma kayak diingetin kalau sesudah ini nggak akan ada soundtrack baru yang bakal kita nyanyiin sama-sama. Di gue ada perasaan kecewa sama diri gue sendiri. Mungkin gue nggak jadi sahabat yang cukup baik buat lu. Gue nggak ada di moment-moment terakhir lo dan nggak punya kesempatan untuk ngelakuin apapun buat lo. Gue susah maafin diri gue sendiri gara-gara itu. Sampe pada suatu hari di awal taun, gue denger lagu "Lapang Dada"-nya Sheila on 7. 





Apa yang salah dengan lagu ini
Kenapa kembali ku mengingatmu
Seperti aku bisa merasakan
Getaran jantung dan langkah kakimu
Kemana ini akan membawaku

Kau harus bisa bisa berlapang dada
Kau harus bisa bisa ambil hikmahnya
Karena semua semua tak lagi sama
Walau kau tahu dia pun merasakannya

Di jalan yang setapak kecil ini
Seperti ku mendengar kau bernyanyi
Kau tahu kau tahu
Rasaku juga rasamu

Kau harus bisa bisa berlapang dada
Kau harus bisa bisa ambil hikmahnya
Karena semua semua tak lagi sama
Walau kau tahu dia pun merasakannya

Kemana ini akan membawaku
Aku takkan pernah tahu

Kau harus bisa bisa berlapang dada
Kau harus bisa bisa ambil hikmahnya
Karena semua semua tak lagi sama
Walau kau tahu dia pun merasakannya

Mengirim cahaya untukmu




Tau-tau gue tau kalau gue sebenernya sedih sekali. Tapi sesudah denger lagu itu, gue lega. Lagu "Lapang Dada" ini tepat banget ngewakilin semuanya. Rohnya pun soundtrack-soundtrack kita banget. Mellow, tapi tetep optimis dan ada cerianya, kayak lagu "Pesawatku" yang pernah kita bedah dengan sok iye jaman dulu. Dari situ gue belajar untuk bener-bener let go. Belajar nggak nyalahin siapa-siapa atas kepergian elu. Belajar ngelepasin dengan lapang dada dan percaya, baik elu maupun gue udah ngelakuin yang terbaik yang mungkin kita lakuin. Kita nggak tau udah ini bakal ada apa lagi. Tapi di titik ini, kita betul-betul udah harus jalan sendiri-sendiri.

Idup gue sehari-hari tetep penuh cerita dan soundtrack. Di antaranya, ada lagu "See You Again"-nya Fast and Furious

It's been a long day without you, my friend
And I'll tell you all about it when I see you again
We've come a long way from where we began
Oh, I'll tell you all about it when I see you again
When I see you again


"Let go" perkara kerelaan. Tapi "kangen" urusan lain :)

Baek-baek di sana, ya...

Selamat ulangtaun telat sedikit...
Dea


Di Sky FM, salah satu tempat penuh lagu-lagu, bareng penyiar-penyiarnya. Theo (sebelah Dea) dan Gina (sebelah Em) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar