Minggu, 24 April 2011

Pelajaran IPA

Mengapa air laut menguap ?

Alasannya sederhana. Seperti kita, ia menguap karena mengantuk. Angin laut yang semilir melenakannya. Debur ombak membuainya. Sayup suara camar seperti lagu tidur yang tak pernah berhenti. Lalu air laut mulai kehilangan keawasannya. Terkantuk-kantuk. Dan lelap di pelukan Bunda Bumi.

Mengapa ada awan-awan di angkasa ?

Alasannya sederhana. Seperti kita, air laut pun bermimpi. Ketika ia menguap, keawasannya melayang-layang ke angkasa. Merumpun menjadi bentuk-bentuk yang bebas kau tafsirkan sebagai apa saja. Mereka berubah-ubah, kadang menjadi sesuatu yang tak jelas, tapi selalu menarik untuk dicermati. Setiap hari kita bisa melihat mimpi-mimpi air laut. Menakjubkan bukan ?

Mengapa hujan turun ke bumi ?

Alasannya sederhana. Seperti mimpi-mimpi kita, mimpi air laut pun selalu berangkat dan pulang kembali sebagai kenyataan. Ketika turun sebagai hujan, ia bukan lagi benda putih mirip kapas yang melayang di angkasa, tapi esensinya tak berubah. Mimpi-mimpi air laut menyentuh tanah. Memberi minum rumput dan bunga. Mampir ke atap rumah, payung, dan kepala kita. Mengaliri kehidupan dan menjadi kehidupan itu sendiri. Ketika ia kembali ke lautan, akan ada lagi yang bertanya,

Mengapa air laut menguap ?

Hidup berputar dengan alasan sederhana. Tapi kisah berpendar dengan cerita yang tak pernah sepenuhnya sama …


langitbiru

3 komentar:

  1. Coba kalo dulu pelajaran IPA-nya kayak gini. Pasti fun & nilai gw bagus. :D

    BalasHapus
  2. Gue jadi guru IPA aja apa, ya ? Tapi ngajar ini doang ... hehehe ...

    BalasHapus