Kamis, 29 September 2011

Jawa Cell dan Batere Henpon

Batere henpon Dea hamil. Dea nggak tau bapaknya waktu atau kerja rodinya selama ini. Karena kehamilan dia ngehambat kinerja dan bikin casing susah ditutup, pergilah Dea ke Bandung Electronic Center nyari batere baru buat dia.

Ternyata batere baru harganya 185 ribu. Umur henpon Dea udah 6 taun, jadi nggak tau berapa lama lagi dia bakal bertahan. Tapi mau beli hp baru juga ... entarlah, kalo udah ada pemasukan lagi ... hehe ... akhirnya Dea nyari batere kw dulu buat dia. Harepan Dea, meskipun mungkin nggak sekuat batere asli, si batere kw masih bisa nangsel kehidupan si henpon.

Bertemulah Dea sama sebuah toko henpon bernama "Jawa Cell" di BEC. Dia ngejual batere kw yang harganya 45 ribu dengan garansi 1 bulan. Lumayan kan? Jadi Dea beli di sana sambil sebelumnya nanya-nanya ke Mas Jawa Cell-nya.

"Mas, bedanya batere kw sama enggak apa, sih?"
"Nggak ada, cuma beda segelnya aja. Yang bikin murah cuma karena nggak ada segelnya. Nggak ada segelnya juga buat dijual kayak begini. Tapi kualitasnya sama aja."
"Bener, nih, Mas?"
"Iya, bener ..."
"Tapi kekuatannya sama aja?"
"Sama, sama."

Jadi Dea beli Si Kw.

Si batere Dea charge selama 4 jam, sesuai persyaratan. Abis itu Dea pake. Baru dipake sms-an beberapa kali, baterenya drop jadi 3 strip. Setelah 3 strip itu, dia drop cepet banget dan tiba-tiba mati. Maka, pergilah Dea ke Jawa Cell untuk nuker si batere.

Ternyata, setelah dituker, kasusnya sama lagi. Pas masih 4 strip, dia sehat-sehat aja. Begitu tinggal 3 strip, dia drop kayak prosotan. Dengan agak kesel, Dea balik lagi ke Jawa Cell dan minta pertanggungjawaban.

"Mana, Teh, coba saya liat ..." kata Mas henpon setelah Dea ngadu.
Dea ngasih tunjuk si henpon.
"Ini nggak apa-apa, Teh. Dibilang drop kalo dipake telpon terus langsung mati."
"Tapi biasanya kalo baterenya udah 3 nanti drop, Mas. Itu emang baru saya charge lagi karena saya perlu ..."
"Itu bisa dikata masih normal, Teh. Namanya juga batere kw, nggak bisa disamain sama yang asli."
"Lah kemaren katanya kualitasnya sama aja ... "
"Saya nggak pernah ngomong begitu."
"Iya, Mas bilang yang ngebedain cuma segel. Mas bohong dong sama saya ..."
"Kok bohong? Enggak, saya nggak pernah bilang begitu."

Jadi ya udah. Dea ninggalin BEC dengan kecewa. Dea jalan ke CCF di seberang BEC untuk beli minuman dingin sambil nulisin pengalaman ini.

Temen-temen, ternyata nulis emang bikin kita (seenggaknya Dea) berjarak sama emosi sendiri. Waktu nulis, Dea jadi ngerasa bisa agak obyektifan ngeliat situasi ini. Mungkin Mas Jawa Cell itu nggak maksud boong juga. Namanya juga pedagang, dia ngomong apaan aja untuk bikin dagangannya laku. Saking otomatisnya, dia bisa jadi lupa apa aja yang dia omongin ke konsumen. Sementara itu, konsumen jenis Dea percaya aja sepenuh hati. Dea bukan pedagang henpon, tapi penulis tulisan-tulisan beginian, makanya prinsipnya beda. Mungkin lain waktu Deanya yang musti lebih kritis ngadepin tukang jualan =)

Sementara ini, terpaksa henpon Dea harus selalu deket-deket infusnya - charger. Tapi nggak apa-apa. Lagian moga-moga rejeki suatu saat ada lagi kalo Dea tetep berusaha ngejaga apa yang esensial sebagai penulis.

Nulis selalu bikin Dea ngerasa lebih tenang. Teks selalu nganter Dea ke hal-hal yang Dea anggep sebagai kebaikan, seenggaknya secara pemahaman. It's natural.

Semoga tulisan ini memberkati kalian, Teman-teman, salam dari henpon Dea dan pemeran-pemeran di tulisan kecil ini .... =)


henpon Dea nonton BEC dari CCF


1 komentar: