Senin, 20 Agustus 2012

Duke Ellington, Litefusion, dan Norvan

Hari ini Dea beberes kamar. Nggak sengaja, Dea nemu kaset Duke Ellington yang dikasih almarhum Norvan sekitar delapan taunan yang lalu. Dea inget moment ngasihnya. Dia dateng sore-sore ke rumah Tante Dea yang waktu itu masih di Dago. Dia bilang dia abis dari Dipati Ukur, ngeliat kaset-kaset lama, terus beli album Duke Ellington yang itu buat Dea. 

dukellington


Besoknya, Dea lewat toko kaset dan nemu album “Litefusion”. “Fusion” artinya peleburan, dan “lite” artinya ringan. Awalnya Dea nggak tau itu lagu apa, tapi Dea beli buat Norvan karena menurut Dea  albumnya representatif. Ini judul-judul lagunya:

1.So the Minor Goes
Waktu itu Dea lagi ngebantuin Norvan mulai ngerjain zine Minor bacaankecil, baru edisi pertama.

2. Another Time
Kami pertama kenalan di kampus. Waktu itu dia lagi teler di bawah pohon, terus Dea dateng jualan es mambo ke dia. Dea nggak tau kalo dia teler, dan dia heran kenapa Dea segitu bloonnya … hehehehe ….

Tapi “another time”, bertaun-taun kemudian, kami ketemu dalam moment yang lebih nggenah. Pas itu kami sadar kalo kami berdua nyambung banget. Sejak itu kami sahabatan.  

3. The Path of Bliss
Waktu mulai akrab, kami berdua sama-sama baru ngalamin sesuatu yang nggak menyenangkan. Kami sepakat sama-sama nyusun pola supaya bisa seneng lagi.

4. New Life
Sesuatu yang jadi tekad kami sesudah ngalamin yang nggak enak itu =)

5. Image
Norvan ngegambar dan motret. Urusannya selalu sama “image”. Dea sendiri sering nulis sesuatu yang deskriptif pada masa itu. Urusannya juga selalu sama “image”. 

6. You
Norvan dan Dea saling bercermin, saling nguatin. Kami nemu partner kolaborasi (dan partner berantem juga) yang bener-bener pas di satu sama lain. 

7. Sunset Stream
Waktu itu Norvan belum pake nama “Norvan Pecandupagi”, dan kami sering banget ngelakuin hal menyenangkan sore-sore. Norvan main ke rumah Tante sore-sore. Kami jalan kaki jauh-jauh sambil ngobrol sore-sore. Ngerjain Minor bacaankecil sore-sore. Mungkin karena waktu itu pagi sampe siangnya Dea masih kuliah dan beredarnya di Jatinangor ya … hehehe …

8. Realm of Love
Kami pernah bahas ini. Dan yang pasti, kami nggak pernah pacaran atau HTS-an, ya, kami bener-bener sahabat baik, kok.

9. A Little Piece in Spring
Spring itu ngelambangin musim yang penuh harapan. Jadi ceritanya kami optimis, sekecil apapun, hasil main kami harus jadi karya. Pada akhirnya, kami berdua bikin buku Salamatahari =)

10. Brotherfeel
Norvan buat Dea. Temen maen, temen berantem, tempat ngadu dan berbagi cerita. Keadaan bikin kami nggak intens ketemu, tapi keakrabannya nggak pernah ilang. Kami selalu ketemu di saat-saat yang random tapi selalu tepat.


coverdepan


Hari ini Hari Raya Idul Fitri. Mungkin dia mau minta maaf batin (karena dia udah nggak punya lahir … hehehehe) dan menodong Dea untuk minta maaf lahir dan batin juga. Mohon maaf lahir dan batin, ya, Norv…

Dea nulis posting ini sambil ngedengerin “Litefusion”. Sore-sore. Sampe kapan pun, ada bagian diri Norvan yang selalu jadi bagian diri Dea. Dia tumbuh bareng-bareng setiap karya Dea. Rasanya Norvan nggak jauh. Sama sekali nggak pernah jauh. 

poster


…. tapi kenapa Dea bisa kangen sama sesuatu yang sebetulnya nggak pernah jauh …?

stuffs  

Dea pernah nulis tentang Norvan di sini

2 komentar:

  1. Baru sadar. Ternyata Dea nemu kaset Duke Ellington persis setaun setelah Norvan meninggal. Kok bisa, ya ...?

    BalasHapus