Minggu, 22 Februari 2015

To Be Brave

"To be brave is to love someone unconditionally, 
without expecting anything in return" 

- Madonna-


gambar diambil dari sini

Yulia Wiriadisastra-Citenggo
30 Juli 1958 - 16 Februari 2015

Sebenernya Dea belum sempet bener-bener kenal sama Ci Yulia "Ua" Wiriadisastra-Citenggo. Padahal idup kami bersinggungan cukup deket. Dia sepupunya Ikan Paus, suami Dea. Dia juga anggota kolintang GKI Cibunut yang dipimpin sama Oom Dea, Oom Kikie Winarno. Anak-anak Ci Ua bertemen sama temen-temen SMA Dea. Mungkin dulu-dulu Dea udah sering ketemu, tapi karena nggak kenal, kita nggak sadar dan otomatis nggak pernah berinteraksi. Ci Ua dan Dea baru bener-bener kenalan beberapa bulan yang lalu di pemakaman Tante Boan, Tantenya Ikan Paus. 

Pemakaman Tante Boan. Ci Ua nomor tiga dari kiri
Karena pertemuannya cuma sebentar dan kami nggak terlalu banyak ngobrol, nggak ada kesan khusus saat itu. Dea cuma ngeliat kalau Ci Ua ini orangnya baik dan helpful banget. Sesudah hari itu, Dea nggak pernah ketemu lagi sama Ci Ua. 

Bulan Desember yang lalu, Ikan Paus dan Dea dapet kabar kalau Ci Ua sakit tapi nggak mau dijenguk. Akhirnya Ikan Paus dan Dea nengokin Oom Oo aja, papanya Ci Ua yang udah umur 95 taun dan rely banget sama Ci Ua. Dari cerita Adel, anak ke dua Ci Ua, Dea jadi tau kalau Ci Ua telaten banget ngurus Oom Oo. Bahkan cuma Ci Ua yang tau cara ngomong sama Oom Oo yang pendengarannya udah kurang bagus.

Beberapa waktu kemudian Ci Ua dan Ko Kok Chi, suaminya, pergi ke Singapur untuk berobat. Mama Erna dan Papa Ben, mertua Dea, sempet nemenin waktu Ci Ua mau kemoterapi. Kata mama, Ci Ua nggak pernah ngeluh. Dia tetep asyik aja kalau cerita, mikirin orang-orang lain, dan optimis. Kita jadi kebawa optimis juga. Apalagi keadaan Ci Ua memang sempet membaik, bahkan katanya udah siap berobat jalan. 

Tapi ternyata tanggal 16 Februari 2015 yang lalu Ci Ua tiba-tiba kritis. Nggak lama setelah itu, Ci Ua dipanggil Tuhan. Prosesnya cukup cepet. Kayaknya dia nggak sempet ngerasa sakit terlalu lama dan nggak nyusahin siapa-siapa. Banyak yang kaget dan ngerasa sangat keilangan. Saat itulah cerita-cerita tentang Ci Ua dari orang-orang di sekitar Dea yang kenal baik sama dia bermunculan.

Meskipun konteksnya lain-lain, benang merahnya jelas. Ci Ua orang yang baik hati, tulus, perhatian, suka nolong, dan reliable. Di kolintang dia bisa megang semua alat. Di keluarga dia sangat bisa diandelin. Di antara temen-temennya dia suka bawain makanan sehat. Di arisan dia mikirin efisiensi anter-jemput untuk temen-temennya. Dan buat suami dan anak-anaknya, dia istri dan ibu yang membanggakan. 

Dea juga baru denger cerita, kalau ternyata 17 taun yang lalu sebenernya Ci Ua udah divonis kanker stadium 4. Tapi dia berdoa supaya dikasih waktu lebih panjang karena masih banyak yang bergantung banget sama dia. Ketiga anak perempuannya juga masih kecil-kecil. 

Ternyata Tuhan ngabulin permintaan Ci Ua. Dia ngasih Ci Ua waktu sesuai itungan-Nya. Dan ternyata juga, waktu yang Tuhan kasih dimanfaatin Ci Ua sebaik-baiknya.

Pas dateng ke kebaktian penghiburan Ci Ua kemaren, Dea ngeliat kalau banyak banget yang sayang Ci Ua dan banyak banget yang udah dia bikin untuk orang lain. Ketiga anak perempuannya juga udah tumbuh jadi anak-anak yang hebat. Prestasi akademiknya bagus, dan kepribadiannya baik. Dea nggak bisa ngebayangin kalau Ci Ua diambil Tuhan 17 taun yang lalu dan nggak sempet ngedampingin suaminya ngebesarin anak-anaknya. Dari cara mereka cerita, Dea ngeliat jelas betapa keluarga kecilnya bangga sama Ci Ua.

Di kebaktian penghiburan itu, Nessia, anak sulung Ci Ua sempet ngasih sepatah dua patah kata. Dia yakin dia dan adik-adiknya bisa jadi seperti mamanya. Dia nggak bikin kepergian mamanya ini jadi sesuatu yang gloomy dan mencekam. Optimisme dan semangat Ci Ua lekat di seluruh dirinya. Dan yang bikin Dea ngerasa perlu banget bikin tulisan kecil tentang Ci Ua adalah kalimat ini:

"Buat siapapun yang pernah tersentuh atau terinspirasi secara langsung maupun nggak langsung sama apa yang mama buat, tolong terusin karyanya, ya ..."

Ci Ua ini emang luar biasa. Dia bahkan bisa nyentuh dan nginspirasi Dea, seseorang yang ngobrol sama dia aja baru sekali.

Malem itu Dea sadar Ci Ua nggak pernah bener-bener pergi. Meninggal ternyata bukan meninggalkan.

Dea liat dengan jelas, Ci Ua udah ngebangun akar di semua orang yang selama ini bergantung sama dia. Sekarang, orang-orang yang bergantung sama dia udah tinggal tumbuh aja :)

Sampai ketemu lagi suatu saat, ya, Ci Ua. Semoga nanti kita punya waktu untuk ngobrol lebih banyak ...

peluk sayang buat Nessia, Adel, Vania, Ko Kok Chi, dan Oom Oo.

2 komentar: