Sabtu, 07 November 2015

Orang Gila

Irama langkahnya tidak berubah
Seperti lagu lama
Yang aku dengar menuju pulang
Sendirian, ha ha*

https://scontent.xx.fbcdn.net/hphotos-xfa1/v/t1.0-9/21045_258915966914_3111882_n.jpg?oh=7d5494251d62971447f03694a4712c27&oe=56BC64DD
gambar diambil dari sini. Liat asesoris kerupuk acinya. Keren banget, ya? Artwork lho itu, salut sama yang bikin prop-nya ...

Tokoh ini sering muncul secara random di film boneka Si Unyil. Kita nggak tau namanya. Kita cuma ngenal dia sebagai "Orang Gila". Kata yang selalu dia "nyanyi-nyanyiin" cuma "Anakku di mana, istriku di mana" atau "Serbuuuu". 

Kehadiran Orang Gila selalu ngebawa sensasi perasaan yang amburadul. Tegang, takut, excited, geli, tapi juga kasian. Yang pasti, Dea yakin tokoh ini ngebekas banget di ingetan orang-orang yang dulunya suka nonton Si Unyil.

Tapi ada yang tau nggak kalau ternyata Si Orang Gila ini ada backgroud-nya? Menurut Mas Reza Aditya, Orang Gila adalah veteran perang kemerdekaan yang istri dan anaknya tewas. Dari situlah kalimat "anakku di mana, istriku di mana" dan "Serbuuu" berasal. Kasian, ya?

Waktu Dea kecil, pas nonton Si Unyil dan Si Orang Gila muncul, Dea inget mbak yang ngasuh Dea pernah cerita tentang orang gila di kampungnya. Namanya Ijem Teklek. Kehadiran Ijem Teklek juga ngebawa sensasi perasaan yang amburadul. Sama persis seperti yang dibawa Si Orang Gila. Dea sering ngebandingin kedua tokoh itu di pikiran Dea. Tapi, sekarang Dea tau latar belakang Si Orang Gila. Sementara Dea nggak sempet nanya ke Mbak siapa Ijem Teklek, kenapa kakinya teklek, dan kenapa dia jadi gila.


Rambutnya gimbal
Kumis dan jenggotnya jarang-jarang
Melangkah terus lurus kedepan
Melangkah terus lurus kedepan*


... mungkin, karena desa tempat dia tinggal namanya Sukamaju ...

*dicuplik dari lirik lagu "Orang Gila" - Iwan Fals 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar