Senin, 02 Mei 2016

Perjalanan Sang Kurir

"My father didn't tell me how to live. He lived, and let me watch him do it..."
-The Daily Quote-


Papa adalah orang pertama yang ngajarin ke Dea apa itu renjana alias passion. Sejak kecil Dea belajar lewat etos papa. Waktu kerja di majalah Zaman, papa selalu bawa termos kopi dan roti biar bisa makan sambil tetep kerja. Pas jadi wartawan Tempo, papa juga komit banget sama kerjaannya. 

Nah. Pas Dea SD kira-kira kelas 2-3, papa tau-tau resign dari Tempo untuk jadi kurator seni rupa. Waktu itu profesi kurator seni rupa masih asing banget. Saking asingnya, Dea pun selalu salah nyebut. Kalau ada yang nanya papa kerjaannya apa, Dea selalu ngejawab dengan riang gembira, "Papa sekarang kerjanya jadi kurir. Kurir seni rupa". 

Dari jaman remaja, renjana papa memang seni rupa. Makanya selain jadi dosen di IKJ dan berkarya, papa sempet gabung sama majalah Aktuil dan Zaman yang berkesenian. Taun 80 berapa gitu, Dea lupa, majalah Zaman meninggal. Papa ditarik ke Tempo


Sejak saat itu sebenernya idup papa lebih settled. Tapi di Tempo papa posisinya wartawan kesehatan. Sekalipun papa baik-baik aja sama kerjaannya, pada suatu titik dia sadar apa renjananya dan mutusin untuk kembali ke keyakinannya sendiri. Dalam kondisi udah punya anak dua, dia resign dan ngejalanin profesi baru yang (di masa itu) gelap banget. Suatu profesi yang orang-orang nggak tau dan lapangan kerjanya harus dibangun sendiri dari nol. 

Dea nggak terlalu inget gimana keluarga kami pas papa mulai jadi kurator. Rasanya idup memang nggak pernah mewah, tapi Dea nggak pernah ngerasa kurang. Yang pasti, spirit papa setiap bicara atau ngelakuin sesuatu untuk seni rupa ketangkep jelas sama Dea. Dari situ Dea belajar untuk percaya kalau renjana ngejaga idup kita dan orang-orang yang kita sayang. Akhirnya Dea tumbuh dengan konsep "realistis" versi Dea sendiri. Dea meng-encourage siapapun -- termasuk Ikan Paus -- untuk milih renjananya dengan keyakinan penuh. Renjana yang kita sayang dan pelihara pasti akan kembali sayang dan melihara kita dengan cara yang mungkin nggak pernah kepikir sama kita. Sepanjang idup Dea belajar itu dari papa. Mungkin... papa memang kurir. Dia nganterin makna renjana untuk seluruh keluarganya.

Sampe saat ini papa masih ngededikasiin diri buat seni rupa. Matanya masih bersinar-sinar setiap bicara tentang seni rupa dan Dea percaya hatinya selalu penuh ke proyek kesenian apapun yang dia jalanin. Dea nuturin jejak papa sambil nyari sendiri jalur idup yang mau Dea tempuh.

Sekalipun di banyak hal Dea punya cara pandang yang berseberangan sama papa, Dea selalu percaya dasar keyakinan dan tujuannya sama. Mungkin itu sebabnya, di rumah, papa dan Dea bisa ngomongin segala hal secara nyambung tapi nggak nyambung :p

Selamat ulangtaun ke-68 di Hari Pendidikan Nasional, Pa ...

May the force be with you...

Papa bersama istri dan anak-anak


 

2 komentar:

  1. Kak Dea, pantas kakak ini juga selalu menyebarkan energi positif, salam untuk Papanya Kak Dea ya semoga sehat selalu :)

    BalasHapus