Jumat, 22 Maret 2013

Pedang Teritori


In Memoriam Oom Ricky Johannes
25 September 1967 - 22 Maret 2013


Satu hari sebelum kita semua keilangan Oom Ricky, tiba-tiba bandul kalung Dea jatoh entah di mana. Udah bertaun-taun kalung itu Dea pake, nyaris nggak pernah Dea lepas, dan selalu deket sama jantung. Banyak yang nyangka itu kalung salib, padahal sebenernya bentuknya pedang bersayap. Kalung itu ilang tiba-tiba. Mungkin pertanda. Sesuatu yang nganter Oom Ricky pergi.

Dea kenal Oom Ricky hampir separoh umur Dea, tapi baru sekitar 2 taun terakhir ini Dea agak akrab sama dia. Sebelumnya, Dea seperti ngehunus pedang. Bukan untuk nusuk, sekedar untuk ngasih bates teritori yang jelas untuk ngejagain tante Dea, adik bungsu mama.

 

Dua taun yang lalu, secara intuitif Dea nyarungin "pedang teritori" Dea. Berbagai peristiwa dan cerita yang terjadi setelahnya, ngejelasin arti intuisi Dea. Dea nggak perlu pasang "pedang teritori" lagi. Sejak saat itu semua yang beku mulai mencair. Ternyata Oom Ricky orang yang anget dan kekeluargaan. Setelah "pedang teritori"-nya Dea sarungin, Dea baru bisa liat kalo dia ayah yang luar biasa buat dua anak perempuannya, sosok yang sangat sabar dan toleran dengan caranya sendiri, pasangan yang bisa saling ngimbangin sama tante Dea, and a very nice person to be around.

Dalam dua taun ini, pelan-pelan Oom Ricky ngedeket sebagai anggota keluarga. Dia mulai sering muncul ke acara-acara keluarga. Nganterin tante bulak-balik Jakarta-Bandung. Ngedeketin anak-anaknya ke keponakan-keponakannya tante. Ngerjain berbagai hal bareng dan jadi tim yang kompak banget sama Si Tante. Nggak kerasa, Oom Ricky bukan lagi orang asing. Tante yang awalnya siaga juga mulai mencair. Oom Ricky ngebuktiin kalo dia nggak main-main dan nggak mengada-ada. Setelah berbagai peristiwa yang "akrobatik" selama bertaun-taun, beberapa hari yang lalu, baru aja tante Dea bilang "I do" ke Oom Ricky. 

Tapi idup itu emang misteri. Hari Jumat 22 Maret jam 5 sore, Oom Ricky yang siangnya masih sehat-sehat aja, tiba-tiba kena serangan jantung dan meninggal dunia. Berita itu bikin shock seluruh keluarga. Tante sempet nggak bisa dihubungin, tapi terakhir Dea dapet kabar dari adik ke tiga mama, dia dijemput untuk nginep di rumah adik ke tiga mama itu. Seluruh keluarga yang kesebar di mana-mana terus in touch dan nggak putus-putus berdoa sama-sama. Dan baru hari ini Dea mau ke Jakarta sama mama.

Semalem Dea tau-tau keinget sama kalung Dea yang jatoh dan ilang itu. Bentuknya juga pedang, tapi bersayap mirip malaikat. Ilangnya mungkin semacem prolog sebelum Oom Ricky pergi dijemput malaikat. Atau jangan-jangan sebenernya kalung itu memang kalung salib seperti dugaan orang-orang selama ini...? Entah.

Dea tau dari awal banget tante berdoa untuk apapun yang dia jalanin sama Oom Ricky. Jadi, Dea percaya Tuhan nggak ninggalin tante apapun peristiwa yang Dia ijinin terjadi. Iman selalu bikin setiap orang punya harapan. Doa seperti suplemen yang bisa dikonsumsi sebanyak apapun.

Dear Uncle Ricky, whatever happened years before, I'm glad that I will remember you as a good person ...


3 komentar:

  1. Turut berduka, Kak. Semoga beliau tenang di surga.

    BalasHapus
  2. kisah perjalanan panjang yg penuh lika liku, hanya satu alasan, cinta, itu yg membuat kisah ini tak pernah putus, tapi segala sesuatu di dunia fana ini terikat dengan keterbatasan waktu, ada waktu bertemu, ada waktu berpisah, ada waktu memiliki, dan ada waktu melepaskan, dan waktu2 yang lainnya, semoga alm RJ diterima disisi Allah dan diampuni dosa2nya dan diberikan tempat yg indah di sisi Nya dan keluarga dan kekasih yg ditinggalkan diberikan kekuatan oleh Nya, sehingga bisa menerima segalanya dengan ikhlas. amin

    BalasHapus