Kamis, 12 Februari 2015

Dispenser Pagi Ini

Pagi ini ceritanya Dea mau masak air. Waktu Dea ngambil air dari dispenser di depan dapur, tau-tau dia ngeluarin suara kayak nangis sambil ngehela nafas panjang, "Huiiiiffff ...."

"Lho? Kamu kenapa?" tanya Dea ke Si Dispenser.

Dispenser diem aja. Tapi setelah Dea perati-peratiin, Dea ngerti. Kayaknya dia nggak rela airnya Dea minta-mintain terus. Belakangan Dea emang semakin sering perlu air. Jadi isi galonnya lebih cepet abis.

"Dispenser, jangan gitu," kata Dea sambil ngusap-usap kepala Dispenser. "Air di dalem galon kamu jadi ada artinya karena dibagi ke orang lain. Lagian kamu sadar nggak? Setiap air kamu abis, kamu bakal dapet air yang baru. Jadi kamu nggak akan pernah selama-lamanya kosong ..."

Abis itu galon dan Si Dispenser Dea peluk erat-erat. Dea pengen Si Dispenser tau kalau Dea sayang sama dia.

Ikan Paus yang tadinya tampak asik berkebun dan nggak meratiin Dea tau-tau ketawa sambil nyeletuk,"Kamu abis ngeganja, ya?"
"Enggak, aku mana pernah ngeganja," Dea ngejawab serius, "Kamu kan denger sendiri tadi dispensernya nangis ..."
"Emang suaranya begitu, Murumuw, itu bukan nangis," kata Ikan Paus sambil masih ketawa-ketawa.

Dea terus masak air. Sambil nunggu air yang Dea masak mendidih, Dea ngupas wortel untuk direbus. Direbus? Wah, berarti Dea harus minta air dari Si Dispenser lagi, deh. Jadi Dea ngupas wortel sambil duduk di deket Si Dispenser. Sekali-sekali Dea bisik-bisik ke dia, berharap dia ngerti fungsi air di dalem galonnya, dan nggak sedih lagi ketika airnya nanti Dea minta.

Air yang Dea masak mendidih. Setelah mindahin air ke termos, Dea ngambil panci. 

"Bagi lagi airnya, ya, buat ngerebus wortel," kata Dea ke Si Dispenser.
Eh, Temen-temen, kali itu suara Si Dispenser jadi beda! Nggak kayak tangisan, tapi lebih kayak siul yang riang, "Swif-swif-swif," gitu katanya.

"Ikan Paus, denger, sekarang dia seneng ngebagi airnya," kata Dea ke Ikan Paus yang masih berkebun.
Ikan Paus ketawa-ketawa lagi sambil cuci tangan, "Aku sayaaaang, deh, sama kamu meskipun kamu delusional ..."

Dea nyengir aja. Tapi Dea tetep yakin Si Dispenser ngerti apa yang Dea bilang. Dea juga yakin setelah Dea ajak ngobrol dan Dea sayang-sayang, Si Dispenser ngebagi airnya dengan sikap hati yang lain. Dia juga tau kalau dia nggak akan pernah dibiarin kosong. Setelah isinya abis, selalu akan ada galon baru yang bakal bikin dia kembali penuh.

Ginan Koesmayadi, temen Dea, sering banget bilang:

You can't keep it unless you give it away ...

Pagi ini, Si Dispenser berkenalan sama kalimat itu.

Dea juga ngerasa diingetin lagi :)


 

 

1 komentar: