Rabu, 31 Agustus 2016

Curhat Dukun Zombi

Senin, 29 Agustus 2016 


Pagi itu Dea baru aja kepikir untuk berenti dulu nerimain pesenan Zombi karena belakangan rasanya mulai kebanyakan. Jumlah pesenan yang makin lama makin besar nuntut Zombi bergerak ke arah yang lebih “industri”. Tapi Dea nggak mau. Buat Dea sendiri Zombi kayak produk handmade yang spesifik. Kebahagiaannya ada di sentuhan personal yang Dea kasih ke setiap temen yang mesen. Dea berusaha ngeredam jumlah pesenan dengan jarang promo, tapi ternyata tetep banyak. Makin lama rasanya makin susah untuk ngasih perhatian seutuh-utuhnya ke tiap bacaan. 
.

Sampai di satu titik Dea ngerasa enough. Pagi itu, Dea berencana brenti nerima pesenan Zombi. Setelah ngelunasin utang bacaan yang padet sampe akhir September ini, Dea mau brenti dulu. Mungkin akan ada Zombi gaya baru yang bener-bener eksklusif taun depan, tapi butuh brainstorming sama beberapa orang dan eksperimen dulu. Dea juga mau belajar zodiak lagi supaya ngerti lebih dalem. Mau ngeberesin proyek-proyek yang masih ngegantung. And most of all, mau kembali ngenalin dan ngerasain selekat-lekatnya segala hal yang Dea produksi. 
.
Pas lagi niat-niatnya brenti, tau-tau hari itu Dea dihubungin sama Glady, produser “Sahabat Inspirasi” O Channel. Sebenernya Dea lagi nggak kepengen nerima tawaran tv. Tapi tau Glady minta mendadak karena perlu banget, bikin Dea akhirnya berangkat juga ke Jakarta. Dalam rangka ngehindarin publikasi, Dea nggak heboh woro-woro di medsos sebelum tampil di tv. Dea ke Jakarta karena Glady temen yang saaangat baik dan Mas Hilbram orangnya seru. Alesannya personal aja.  
.



Bareng Mas Hilbram Dunar, host "Sahabat Inspirasi".

Sekarang ada Glady. Boleh dong orientasi fotonya gak mainstream.

.

Di hari yang sama, Dea dihubungin Indah dari malesbanget.com. Ceritanya dia mau tanya-tanya tentang zodiak. Tadinya Dea sempet ragu mau apa enggak, cuma akhirnya Dea mau. Alesannya, berbagi cerita tentang zodiak masih jadi sesuatu yang bikin mata Dea bersinar-sinar bahagia. Selain itu malesbanget.com itu salah satu website yang suka bikin Dea ngakak-ngakak karena kegaringannya.
.

Kemaren, sepanjang perjalanan Bandung-Jakarta, Jakarta-Bandung Dea jadi ngaji ulang banyak hal. Jadi sebenernya apa sih yang Dea mau? Ke mana Zombi sebaiknya dibawa? Apa langkah yang harus Dea ambil sekarang ini? 
.

Zombi masih dan selalu akan berdiri atas hal-hal yang kecil-personal. Ada renjana yang perlu Dea pelihara baik-baik detak dan nafasnya. Dia nggak bisnis-bisnis amat. Meskipun ada harga nominalnya, Zombi dijual dengan strategi yang lain. Makanya akhirnya Dea mutusin untuk naikin harga Zombi sekitar seratus persen supaya jangan banyak yang mesen dulu. Bahkan nggak ada dulu pun nggak apa-apa.
.

Kemaren sebelum tidur ada satu insight yang muncul di kepala Dea. Selama ini segala sesuatu yang terlalu besar nggak pernah nyaman untuk Dea. 
.

Kalau buat sebagian orang sukses adalah menjadi besar, buat Dea kayaknya sebaliknya. Sukses adalah berhasil ngebuat segala sesuatu tetep cukup mungil untuk dipeluk seerat-eratnya. Atau kalaupun suatu saat dia harus jadi besar, Deanya yang perlu belajar packing supaya yang besar itu nggak jadi masif.  
.

Belajar zodiak bikin Dea paham apa yang berharga untuk Dea sendiri. Dea nggak harus ngejar apa yang dikejar orang lain. Matahari Dea ada di Gemini, tapi bulan Dea ada di Virgo. Jadi:
.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar